- Menjelaskan konsep tentang batas-batas organisasi.
Semua
bisnis beroperasi dalam satu lingkungan eksternal yang terdiri dari segala
sesuatu di luar batas-batas organisasi yang mempengaruhinya.
Batas-batas
organisasi adalah batasan yang memisahkan organisasi dari lingkungannya
(eksternal). Unsur yang tercakup dalam lingkungan organisasi perusahaan adalah
: kondisi ekonomi, teknologi, pertimbangan politik hukum, isu sosial,
lingkungan global, isu tanggung jawab etis dan sosial, lingkungan bisnis itu
sendiri, dan juga tantangan dan peluang yang muncul.
- Menggambarkan lingkungan teknologi dan perannya dalam bisnis.
Teknologi
Merujuk
pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi
konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik,
elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengelolaan.
Kategori
umum dari teknogi yang berhubungan dengan bisnis :
Teknologi produk dan jasa serta
teknologi pengelolaan bisnis.
Teknologi
proses bisnis digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan pada operasi
internal (seperti akuntansi) dan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik
dengan konstituen eksternal, seperti pemasok dan pelanggan.
Perencanaan sumber daya perusahaan
(ERP)
Adalah
sistem informasi skala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses
perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis.
ERP
menyimpan informasi tentang kegiatan, menkoordinasi operasi internal dengan
aktivitas-aktivitas oleh pemasok luar dan pelanggan, dan menghasilkan laporan
keuangan dari menit ke menit.
- Mengidentifikasikan munculnya tantangan dan peluang dalam lingkungan bisnis.
Bisnis
dewasa ini lebih rumit dan menuntut dibandingkan sebelumnya. Perusahaan yang
lebih berhasil telah menggunakan cara-cara baru dalam menanggapi
tantangan-tantangan ini. Mereka mendefinisi ulang batasan-batasan tradisional,
menggabungkan semuanya untuk mengembangkan barang dan jasa.
Perusahaan-perusahaan
yang lebih berhasil tersebut berfokus pada kompetisi
inti mereka keterampilan dan sumber daya yang mereka gunakan untuk dapat
bersaing dan menciptakan nilai bagi pemiliknya.
Cara-cara
inovatif yang dipakai perusahaan dalam menanggapi tantangan dan peluang yang
bermunculan mencakup outsourcing, viral
marketing dan manajemen proses bisnis.
Oursourcing :
Strategi
membayar pemasok dan distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau
menyediakan barang atau sumber daya yang dibutuhkan.
Kelemahannya
:
Hilangnya
kontrol perusahaan atas operasi dan informasi.
Pemasaran gaya virus (viral
marketing) :
Stategi
penggunaan pemasaran internet dan omongan dari mulut ke mulut untuk menyebarkan
informasi produk.
Kelebihannya :
1) Orang mengandalkan internet untuk informasi yang seharusnya didapat dari surat kabar, majalah dan televisi.
2) Unsur interaktif : pelanggan menjadi peserta dalam proses penyebaran omongan dengan melanjutkan informasi ke pengguna internet lainnya.
Manajemen Proses Bisnis
Pendekatan yang ditempuh perusahaan untuk beralih dari organisasi berorientasi departemen ke struktur tim berorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen.
Kelebihannya :
Pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat dan lebih berorientasi pada pelanggan, bahan baku, dan kegiatan operasional lebih terkoordinasi, dan produk lebih cepat menjangkau pelanggan.
- Menjelaskan pengaruh masalah-masalah tanggung jawab sosial dan etika terhadap bisnis berskala kecil.
Bagi
para pelaku bisnis kecil, isu etika adalah persoalan tentang etika individual.
Tetapi dalam pertanyaan tentang tanggung jawab sosial, mereka harus menanyakan
diri sendiri apakah mereka dapat menghasilkan suatu agenda sosial. Mereka juga
harus menyadari bahwa para manajer di semua organisasi menghadapi isu etika dan
bertanggung jawab sosial.
Jelas
bahwa etika dan tanggung jawab sosial merupakan keputusan yang dihadapi oleh
semua manajer diseluruh organisasi, tidak peduli peringkat ukurannya. Satu
kunci keberhasilan bisnis adalah memutuskan sejak awal cara menanggapi
permasalahan yang mendasari pertanyaan-pertanyaan etika dan bertanggung jawab
sosial.
Sumber :
BISNIS, Edisi 8, Jilid
1 oleh Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert.
http://www.slideshare.net/Ayusuryani/lingkungan-organisasi-bisnis