Selasa, 21 Oktober 2014

Tugas 1 Softskill - Memahami Lingkungan Bisnis

  • Menjelaskan konsep tentang batas-batas organisasi.
Semua bisnis beroperasi dalam satu lingkungan eksternal yang terdiri dari segala sesuatu di luar batas-batas organisasi yang mempengaruhinya.
Batas-batas organisasi adalah batasan yang memisahkan organisasi dari lingkungannya (eksternal). Unsur yang tercakup dalam lingkungan organisasi perusahaan adalah : kondisi ekonomi, teknologi, pertimbangan politik hukum, isu sosial, lingkungan global, isu tanggung jawab etis dan sosial, lingkungan bisnis itu sendiri, dan juga tantangan dan peluang yang muncul.

  • Menggambarkan lingkungan teknologi dan perannya dalam bisnis.
Teknologi
Merujuk pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengelolaan.
Kategori umum dari teknogi yang berhubungan dengan bisnis :
Teknologi produk dan jasa serta teknologi pengelolaan bisnis.
Teknologi proses bisnis digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan pada operasi internal (seperti akuntansi) dan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konstituen eksternal, seperti pemasok dan pelanggan.

Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP)
Adalah sistem informasi skala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis.
ERP menyimpan informasi tentang kegiatan, menkoordinasi operasi internal dengan aktivitas-aktivitas oleh pemasok luar dan pelanggan, dan menghasilkan laporan keuangan dari menit ke menit.

  • Mengidentifikasikan munculnya tantangan dan peluang dalam lingkungan bisnis.
Bisnis dewasa ini lebih rumit dan menuntut dibandingkan sebelumnya. Perusahaan yang lebih berhasil telah menggunakan cara-cara baru dalam menanggapi tantangan-tantangan ini. Mereka mendefinisi ulang batasan-batasan tradisional, menggabungkan semuanya untuk mengembangkan barang dan jasa.
Perusahaan-perusahaan yang lebih berhasil tersebut berfokus pada kompetisi inti mereka keterampilan dan sumber daya yang mereka gunakan untuk dapat bersaing dan menciptakan nilai bagi pemiliknya.
Cara-cara inovatif yang dipakai perusahaan dalam menanggapi tantangan dan peluang yang bermunculan mencakup outsourcing, viral marketing dan manajemen proses bisnis.

Oursourcing :
Strategi membayar pemasok dan distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan barang atau sumber daya yang dibutuhkan.
Kelemahannya :
Hilangnya kontrol perusahaan atas operasi dan informasi.

Pemasaran gaya virus (viral marketing) :
Stategi penggunaan pemasaran internet dan omongan dari mulut ke mulut untuk menyebarkan informasi produk.
Kelebihannya :
1) Orang mengandalkan internet untuk informasi yang seharusnya didapat dari surat kabar, majalah dan televisi.
2) Unsur interaktif : pelanggan menjadi peserta dalam proses penyebaran omongan dengan melanjutkan informasi ke pengguna internet lainnya.

Manajemen Proses Bisnis
Pendekatan yang ditempuh perusahaan untuk beralih dari organisasi berorientasi departemen ke struktur tim berorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen.
Kelebihannya :
Pengambilan keputusan yang jauh lebih cepat dan lebih berorientasi pada pelanggan, bahan baku, dan kegiatan operasional lebih terkoordinasi, dan produk lebih cepat menjangkau pelanggan.

  • Menjelaskan pengaruh masalah-masalah tanggung jawab sosial dan etika terhadap bisnis berskala kecil.

Bagi para pelaku bisnis kecil, isu etika adalah persoalan tentang etika individual. Tetapi dalam pertanyaan tentang tanggung jawab sosial, mereka harus menanyakan diri sendiri apakah mereka dapat menghasilkan suatu agenda sosial. Mereka juga harus menyadari bahwa para manajer di semua organisasi menghadapi isu etika dan bertanggung jawab sosial.
Jelas bahwa etika dan tanggung jawab sosial merupakan keputusan yang dihadapi oleh semua manajer diseluruh organisasi, tidak peduli peringkat ukurannya. Satu kunci keberhasilan bisnis adalah memutuskan sejak awal cara menanggapi permasalahan yang mendasari pertanyaan-pertanyaan etika dan bertanggung jawab sosial.



Sumber : 
BISNIS, Edisi 8, Jilid 1 oleh Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert.
http://www.slideshare.net/Ayusuryani/lingkungan-organisasi-bisnis