Sabtu, 16 Mei 2015

Google Cardboard



Google Cardboard merupakan produk Google yang akan membantu kita untuk merasakan dunia virtual, hanya melalui kotak karton dan smartphone. Untuk menikmati sensasi dalam dunia Virtual Reality, kita membutuhkan dua komponen, Cardboard Viewer dan smartphone yang dilengkapi aplikasi Virtual Reality. Cardboard Viewer merupakan alat utama yang berbentuk seperti kacamata dan disematkan tepat di depan mata. Benda karton ini dilengkapi juga dengan dua lensa cembung sebagai media adaptasi antara mata kita dengan layar smartphone.




Selain itu, alat murah meriah ini juga harus dilengkapi dengan dua keping magnet disebelah kirinya yang berfungsi sebagai alat navigasi atau switch ketika kita memainkan beberapa game yang memang membutuhkan switch atau kontrol navigasi.


Alat ini masih cocok dan nyaman untuk digunakan berasamaan dengan kacamata, in case si pengguna membutuhkan dua benda tersebut sekaligus.


Sebagai media untuk menampilkan Virtual Reality tersebut, kita juga membutuhkan device berupa smartphone yang cocok atau muat dengan Cardboard Viewer  yang kamu punya.  Secara umum, di pasaran akan ada beberapa versi Cardboard Viewer bergantung kepada ukuran layar smartphone, material cardboard, dan kualitas dari komponen itu sendiri. Smartphone disisipkan ke dalam Cardboard sehingga layarnya menghadap ke pasangan lensa, yang akan memproyeksikan tampilan layar itu ke mata pengguna. Namun tak semua ukuran smartphone pas untuk disisipkan ke dalam Cardboard. Perangkat sederhana ini agaknya sengaja dirancang untuk memuat Nexus 5 yang juga besutan Google.

Google menyediakan aplikasi resmi bernama Cardboard untuk memudahkan kita mencari aplikasi/game VR yang diinginkan. 






Sumber :