Beberapa pengukuran yang biasanya dijadikan rujukan oleh Universitas,
seperti Webometrics, 4ICU (4 International Colleges &
Universities), Alexa Traffic Rank, dan TeSCa (khusus Indonesia).
Disini saya mengambil Webometrics sebagai kriteria penilaiannya. Seperti kita ketahui, webometrics merupakan sebuah website
yang dalam setahun dua kali (bulan Januari dan Juli) mengumumkan
peringkat ke-populeran sebuah universitas dilihat dari berbagai aspek
yang menjadi metode penilaian mereka. Dan memang saat ini webometrics
berhasil menarik perhatian dan menjadi patokan dalam hal pemeringkatan
universitas yang ada didunia, termasuk juga universitas yang berada di
Indonesia. Saat ini juga hampir semua universitas berusaha mencapai
rangking yang terbaik pada webometrics guna menaikkan gengsi atau
prestise mereka.
Webometrics Ranking of World Universities (http://www.webometrics.info)
The “Webometrics Ranking of World
Universities” adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah
kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones
Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.
Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis
kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan
proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Motivasi
dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai
media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara
keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri. Sistem ini
mulai dikenalkan ke khalayak Umum pada Tahun 2004 yang lalu.
Perangkingan Webometrics dipublikasikan
setiap 6 bulan sekali yakni pada bulan Januari dan Juli. Perengkingan
didasarkan pada Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan Scholar
(Sc).
.
Impact merupakan kualitas konten yang diukur dengan tautan eksternal dari pihak ketiga dengan data visibilitynya menggunakan dua mesin pencari yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. Bobot perhitungannya sebesar 50 persen.
Pada bahasan kali ini, saya akan membandingkan dua buah situs website berdasarkan penilaian parameter Rich File untuk memenuhi tugas softkill tentang analisa dan komparasi web, yaitu http://ekonomisyariah.blog.gunadarma.ac.id/ dan http://linux.blog.gunadarma.ac.id/ .
Rich Files (R)
- Rich files ( R ) adalah banyaknya file PDF, PS, EPS, DOC, DOCX, PPT, dan PPTX dalam suatu domain yang diindeks oleh Google.
- Cara Mengukur : Masuk situs: http://google.com (pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id) lalu untuk masing masing jenis file, lakukan pecncarian dengan kata kunci berikut ini :
- file reader (*.pdf) site:[alamat domain][spasi]filetype:pdf
- file postscript (*.ps) site:[alamat domain][spasi]filetype:ps
- file postscript (*.eps) site:[alamat domain][spasi]filetype:eps
- file office word (*.doc) site:[alamat domain][spasi]filetype:doc
- file office word (*.docx) site:[alamat domain][spasi]filetype:docx
- file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain][spasi]filetype:ppt
- file office powerpoint (*.pptx) site: [alamat domain][spasi]filetype:pptx
Berikut satu contoh perhitungan nilai richfile untuk docx dari domain : http://ekonomisyariah.blog.gunadarma.ac.id/
Berikut satu contoh perhitungan nilai richfile untuk docx dari domain : http://linux.blog.gunadarma.ac.id/
Dapat diketahui bahwa dari kedua domain tidak ada file yang dideteksi oleh mesin pencari google.
Simpulan:
1.Tidak semua file yang kita upload dapat diindex oleh google.
2. Semakin tinggi nilai yangdihasilkan semakin baik.
3. Memperkaya website dari domain dan subdomain dengan artikel atau berita yang dapat dikonsumsi oleh pembaca dan juga file-file yang dapat diunduh oleh public internet
4. Kerjasama dan kemauan serta keperdulian segenap civitas akademika pada sebuah universitas untuk menggapai hasil yang diinginkan, dan tak kalah penting agar dalam membuat tulisan unik yang membuat orang tertarik untuk berkunjung, karena semakin banyak kunjungan apa lagi yang berasal dari mesin pencari akan semakin baik ranking suatu website atau blog.
Sumber bacaan:
http://kalagondank.wordpress.com/2013/02/09/sistem-pemeringkatan-website-universitas/
http://gobigblue.staff.ub.ac.id/files/2012/11/panduan-singkat-webo-short1.pdf
http://lombaweb.stisitelkom.ac.id/lomba-nge-blog/kriteria-penilaian/
http://ferdi.blog.unas.ac.id/artikel-bebas/perhitungan-peringkat-di-webometrics/