Beberapa pengukuran yang biasanya dijadikan rujukan oleh Universitas, seperti Webometrics, 4ICU (4 International Colleges & Universities), Alexa Traffic Rank, dan TeSCa (khusus Indonesia).
Disini saya mengambil Webometrics
sebagai kriteria penilaiannya. Seperti kita ketahui, webometrics merupakan
sebuah website yang dalam setahun dua kali (bulan Januari dan Juli) mengumumkan
peringkat ke-populeran sebuah universitas dilihat dari berbagai aspek yang
menjadi metode penilaian mereka. Dan memang saat ini webometrics berhasil
menarik perhatian dan menjadi patokan dalam hal pemeringkatan Universitas yang
ada di dunia, termasuk juga universitas yang berada di Indonesia. Saat ini juga
hampir semua Universitas berusaha mencapai rangking yang terbaik pada webometrics
guna menaikkan gengsi atau prestise mereka.
Webometrics Ranking of World Universities (http://www.webometrics.info)
The “Webometrics Ranking of World
Universities” adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok
penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan
penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan
untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang
berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah.
Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website
sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara
keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri. Sistem ini mulai
dikenalkan ke khalayak Umum pada Tahun 2004 yang lalu.
Perangkingan Webometrics
dipublikasikan setiap 6 bulan sekali yakni pada bulan Januari dan Juli.
Perengkingan didasarkan pada Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan
Scholar (Sc).
1. Visibility (V) merupakan jumlah total tautan situs eksternal (backlink)
yang secara unik mencantumkan alamat website universitas dan terdeteksi Search
Engine. Bobot untuk Visibility adalah terbesar dari semua kategori yaitu 50%.
2. Size (S) merupakan jumlah halaman elektronik dalam suatu website
universitas yang terindeks oleh 4 (empat) mesin pencari yaitu : Yahoo, Google,
Live Search dan Exalead. Komponen ini mempunyai bobot 20%
3. Rich Files (R) merupakan jumlah muatan file dalam suatu website
universitas dan terindeks oleh Google. Ada 4 (empat) macam file yang masuk
dalam kategori ini, pertama adalah Adobe Acrobat (*.pdf), PostScript (*.ps),
Microsoft Word (*.doc) dan Microsoft Power Point (*.ppt). Kategori ini
mempunyai bobot penilaian sebesar 15%.
4. Scholar (Sc) merupakan jumlah publikasi elektronik baik berupa jurnal,
academic report dan academic itemlainnya dari suatu website universitas dan
terindeks oleh scholar.google.com. Kategori ini mempunyai bobot 15%.
Pada bahasan kali ini, saya
akan membandingkan dua buah situs website berdasarkan penilaian parameter Rich
File untuk memenuhi tugas softkill tentang analisa dan komparasi web, yaitu
Universitas Padjajaran ( http://www.unpad.ac.id/
) dengan Institut Teknologi Sepuluh
November ( http://its.ac.id/ ) .
Universitas Padjajaran
dengan
Institut Teknologi Sepuluh November
Institut Teknologi Sepuluh November
Rich
Files (R)
- Rich files ( R ) adalah banyaknya file PDF, PS, EPS, DOC, DOCX, PPT, dan PPTX dalam suatu domain yang diindeks oleh Google.
- Cara Mengukur : Masuk situs: http://google.com (pastikan tidak di-direct ke http://google.co.id) lalu untuk masing masing jenis file, lakukan pecncarian dengan kata kunci berikut ini :
- file reader (*.pdf) site:[alamat domain][spasi]filetype:pdf
- file postscript (*.ps) site:[alamat domain][spasi]filetype:ps
- file postscript (*.eps) site:[alamat domain][spasi]filetype:eps
- file office word (*.doc) site:[alamat domain][spasi]filetype:doc
- file office word (*.docx) site:[alamat domain][spasi]filetype:docx
- file office powerpoint (*.ppt) site: [alamat domain][spasi]filetype:ppt
- file office powerpoint (*.pptx) site: [alamat domain][spasi]filetype:pptx
- Berikut satu contoh perhitungan nilai richfile untuk pdf dari domain : http://www.unpad.ac.id/
- Berikut contoh perhitungan nilai richfile untuk file officeword seperti powerpoint (pptx) dan document (docx) dari domain : http://www.unpad.ac.id/
- Berikut contoh perhitungan nilai richfile untuk file officeword seperti powerpoint (pptx) dan document (docx) dari domain : http://www.its.ac.id/
- Berikut contoh perhitungan nilai richfile untuk file officeword seperti postscript (ps) dari domain : http://www.unpad.ac.id/
- Berikut contoh perhitungan nilai richfile untuk file officeword seperti postscript (ps) dari domain : http://www.its.ac.id/
Simpulan Khusus :
- Hasil PDF yang diperoleh dari website Institut Teknologi Sepuluh November adalah halamannya lebih banyak dibandingkan dengan website Universitas Padjajaran.
- Hasil File Officeword seperti pptx dan docx yang diperoleh dari website Institut Teknologi Sepuluh November adalah halamannya lebih sedikit dibandingkan dengan website Universitas Padjajaran.
- Hasil File Postscrip dari website Institut Teknologi Sepuluh November halamannya tidak ditemukan sedangkan website Universitas Padjajaran ada sekitar 5000-an halaman.
Simpulan Umum :
- Tidak semua file yang kita upload dapat diindex oleh google.
- Semakin tinggi nilai yang dihasilkan semakin baik.
- Memperkaya website dari domain dan subdomain dengan artikel atau berita yang dapat dikonsumsi oleh pembaca dan juga file-file yang dapat diunduh oleh public internet
- Kerjasama dan kemauan serta keperdulian segenap civitas akademika pada sebuah Universitas untuk menggapai hasil yang diinginkan, dan tak kalah penting agar dalam membuat tulisan unik yang membuat orang tertarik untuk berkunjung, karena semakin banyak kunjungan apa lagi yang berasal dari mesin pencari akan semakin baik ranking suatu website atau blog.
Sumber bacaan: