Selamat datang semester baru :) ... Semester kali ini ketemu lagi sama softskill dengan mata kuliah Desain Pemodelan Grafik. Ini tugas pertama di mata kuliah Softskill semester ini. Sebelum melangkah terlalu jauh, alangkah lebih baiknya kita kenalan dulu sama si "DPG" ini :) .Jika kita mendengar kata Desain Pemodelan Grafik hal pertama yang terlintas di pikiran kita adalah gambar. Apa sih Desain Pemodelan Grafik itu ? Agar lebih jelasnya kita akan memahami Desain Pemodelan Grafik dari kata per kata . Dari 3 kata itu nantinya kita akan mengetahui apa itu Desain Pemodelan Grafik. OK mariiiii :)
1.
Desain
Desain adalah suatu
sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan dimana titik beratnya adalah
melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri. Desain
juga diartikan sebagai kerangka bentuk atau rancangan.
Menurut Wikipedia, Desain
biasa diterjemahkan sebagai seni terapan , arsitektur, dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya.
Jadi saya simpulkan
Desain itu proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru atau juga
hasil akhir dari sebuah proses kreatif .
2.
Pemodelan
Pemodelan adalah
pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Proses pemodelan ini
memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Jadi saya simpulkan
Pemodelan itu merupakan tahapan dalam membuat model dari suatu sistem nyata
atau juga tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek.
3.
Grafik
Grafik didefenisikan
sebagai pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol dan gambar
dengan menggunakan proses pencetakan guna disampaikan kepada khalayak. Grafik
juga didefenisikan sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Jadi saya simpulkan
Grafik itu informasi verbal yang menggunakan gambar untuk menunjukkan
informasinya.
Dari ketiga defenisi diatas saya simpulkan Desain
Pemodelan Grafik adalah proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan
software dan melalui beberapa tahapan seperti memanipulasi gambar dan membuat
sebuah gambar agar dapat terlihat seperti hidup (bergerak) yang sepenuhnya
dilakukan oleh komputer atau disebut juga suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Kita sudah ketahui bahwa
grafik komputer bukan hanya pemodelan 2D saja yang hanya menggambarkan sebuah
penggambaran tampak depan, namun ada pula pemodelan 3D yang lebih terlihat
seperti nyata.
Berikut adalah kegiatan
yang berkaitan dengan grafik koputer :
1. Pemodelan Geometris : menciptakan model
matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
2. Rendering : memproduksi citra
yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
3. Animasi : menetapkan/menampilkan
kembali tingkah lakuobjek bergantung waktu.
Bidang yang memanfaatkan Grafika Komputer : Di Indsutri film,
televisi, desain grafis dan arsitektur.
Jenis
Aplikasi Pengolah Grafis
Aplikasi pengolah grafis dibedakan dalam beberapa kelompok sesuai
bentuk hasil dan keperluanya, yaitu :
1.
Aplikasi
Pengolah Gambar Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah :
1.
Adobe Illustrator
2.
Beneba Canvas
3.
CorelDraw
4.
Macromedia Freehand
5.
Metacreations Expression
6.
Micrografx Designer
2.
Aplikasi
Pengolah Bitmap/Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Semu objek yang diolah dalam program-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu.
Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik.
Yang termasuk
dalam aplikasi ini adalah:
1.
Adobe Photoshop
2.
Corel Photo Paint
3.
Macromedia Xres
4.
Metacreations Painter
5.
Metacreations Live Picture
6.
Micrografx Picture Publisher
7.
Microsoft Photo Editor
8.
QFX
9.
Wright Image
10. Pixelmator
11. Manga studio
12. Gimp
3.
Aplikasi
Pengolah Audio Visual
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
1.
Adobe After Effect
2.
Adobe Premier
3.
Final Cut
4.
Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
5.
Ulead Video Studio
6.
Magic Movie Edit Pro
7.
Power Director
Mungkin masih ada aplikasi lain yang sekarang digunakan
dinegara-negara yang maju perkembangan teknologi infomasinya.
Macam-macam
Software Desain Grafis
Beberapa software Desain Grafis yang sering digunakan antara
lain :
1. Adobe Photoshop
Software ini merupakan software pengolah gambar yang pakling
lengkap dan paling canggih. Kemampuan software ini dalam memperbaiki gambar dan
foto sudah tidak diragukan lagi.
Software Adobe Photoshop ini menjadi salah satu software yang
wajib dimiliki dan dikuasai oleh seorang desain grafis, terutama bagi para
fotografer atau jurnalis foto.
2. Corel Draw
Software ini banyak digunakan oleh para desain grafis untuk
berbagai kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang bisa dipenuhi oleh software ini
adalah kebutuhan dalam bidang promosi. Software ini cocok untuk membuat desain
brosur, poster, spanduk, dll. Hasilnya merupakan file dengan ekstensi cdr yang
bisa juga anda eksport ke format lain, seperti format gambar.
Software corel draw ini juga bisa digunakan untuk membuat aneka
publishing seperti tabloid, surat kabar, majalah sampai buku. Jadi, aneka buku
yang kita baca itu formatnya baik tulisan , gambar maupun desain sampulnya
dibuat dengan bantuan software corel draw.
3. Adobe Freehand
Software ini sangat cocok untuk desain terutama di dalam
pembuatan layout buku, koran dan majalah.
4. Adobe Ilustrator
Ilustrator adalah salah satu software andalan adobe.
Ada banyak software desain grafis yang bisa dipakai. Sebenarnya
macam-macam software itu mempunyai prinsip kerja yang sama. Semua tergantung
dari kebiasaan si pengguna software tersebut. Penggunaan macam-macam software
desain grafis tersebut juga dilihat dari kebutuhan yang diperlukan. Bahkan,
kita bisa menggunakan lebih dari satusoftware desain grafis untuk mendapatkan
hasil yang lebih maksimal.
Kesimpulan
:
Dari ulasan tersebut diatas dapat saya simpulkan bahwa Desain
Pemodelan Grafis adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah
objek , dan membuat sebuah gambar menjadi kelihatan seperti hidup atau bergerak
yang sepenuhnya dilakukan oleh komputer.
Referensi :